Cara Mudah Belajar Kimia

Hasil gambar untuk kimia
Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dan wajib, terkhusus untuk anak IPA. tetapi tidak semua orang sanggup memahami mata pelajaran kimia secara menyeluruh, karena dalam pelajan kimia ini terdapat bagian yang harus dihafal dan diingat, tetapi ada juga bagian perhitungan. 

Bila kamu merasa sangat sulit untuk memahami materi kimia yang diberikan oleh gurumu, bila kamu salah satu orang yang sangat membenci pelajaran kimia, pada postigan kali ini Dunia Kimia akan memberikanmu tips dan trik ampuh agar kamu lebih mudah menyerap dan memahami materi kimia yang diberikan oleh gurumu, karena kimia itu tidak semenyeramkan dan sesulit itu lho!

CARA I (Mempersiapkan Diri) 
Hasil gambar untuk animasi orang sedang berpikir mtk
Perbaiki kemampuan matematismu. Dalam pelajaran kimia, kamu akan menemukan berbagai rumus dan persamaan yang harus diselesaikan. Jika belum memahami konsep dasar logaritma atau persamaan kuadrat, ada baiknya kamu kembali mempelajari konsep aljabar. Percayalah, memahami konsep-konsep dasar matematika akan sangat membantumu mempelajari kimia. 



CARA II (Pamahi Tabel Periodik Unsur)
Hasil gambar untuk kimia


Pada pelajaran Kimia pasti banyak istilah-istilah yang rumit, seperti istilah dalam tabel periodik unsur kimia. Agar kamu mudah mencerna pelajaran kimia, ada baiknya kamu memahami istilah-istilah tersebut. Memahami dan mengingat isi tabel periodik adalah kunci penting dalam mempelajari kimia. Tabel periodik dalam kimia tak ubahnya angka-angka dalam matematika; mungkinkah kamu berhasil berhitung jika tidak memahami perbedaan setiap angka dalam matematika? Tentu tidak. Tabel periodik juga merupakan pengetahuan penting yang harus benar-benar kamu pahami sebelum mempelajari konsep yang lebih rumit dalam kimia.

Untuk dapat memahami dan mengingat istilah-istilah kimia itu dengan mudah, kamu perlu sering membuat catatan khusus tentang istilah-istilah kimia. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk buku catatan atau dalam bentuk lainnya yang kiranya dapat membuat kamu nyaman belajar.
Sumber catatan khusus istilah kimia itu bisa kamu buat dari berbagai macam sumber. Sumber paling utama ialah buku pelajaran milikmu. Dalam buku pelajaran yang kamu gunakan, biasanya terdapat bagian yang menjelaskan istilah-istilah kimia, seperti nama unsur kimia suatu benda atau zat.


CARA III (Memahami Seluruh Konsep Inti dan Menyelesaikannya Secara Bertahap) 

Mulailah dengan mempelajari sistem pengukuran dasar, metode saintifik, nomenklatur (tata nama) kimiawi, dan struktur atom. Banyak orang merasa kesulitan mempelajari kimia karena mereka langsung melompat ke materi-materi yang rumit tanpa berusaha memahami konsep-konsep dasarnya terlebih dahulu.

  • kamu bisa mencari-cari di website perpustakaan universitas-universitas ternama yang memiliki jurusan kimia. Biasanya, daftar istilah kimia terdapat dalam karya akademik mahasiswa yang pastinya sumbernya dapat dipertanggungjawabkan.
  • Kamu juga bisa membeli buku panduan untuk mempelajari konsep-konsep kimia dasar di toko buku terdekat.
  • Catat konsep dan materi secara manual. Penelitian menunjukkan bahwa menulis catatan secara manual (bukan dengan diketik) ampuh membantumu memahami dan mengingat konsep yang dicatat dengan lebih baik.
  • Kamu bisa mencari penjelasan istilah kimia di dalam internet. Kamu cukup gunakan gadget kesayanganmu untuk mencari informasi akan hal itu. 


 CARA IV (Membaca  Buku Referensi Kimia)
 Hasil gambar untuk animasi orang membaca buku
Pilih buku referensi berkualitas yang mencakup seluruh konsep penting dalam kimia. Jangan memilih buku yang terlihat mudah untuk dipelajari. Ingat, mempelajari tidak sama dengan memahami; itulah mengapa kamu membutuhkan referensi yang mampu membantumu memahami seluruh konsep dasar dan penting dalam kimia dengan mudah. Tanyakan rekomendasi buku yang berkualitas dari guru, dosen, atau carilah di perpustakaan terdekat. 
Sembari membaca teori, cobalah menyelesaikan contoh-contoh kasus yang kamu temukan. Latih kemampuanmu menyelesaikan soal dengan menyelesaikan setiap contoh soal yang kamu temukan di buku. Setiap buku selalu menyelipkan contoh-contoh soal yang dapat membantu mempertajam pemahamanmu terhadap sebuah teori. Ingat, jangan hanya mengerjakan soal-soal tersebut! Cermati pula setiap langkah yang kamu ambil untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Jika masih kesulitan, cobalah meminta bantuan guru privat atau temanmu yang lebih menguasai bidang tersebut.


CARA V (Lakukan Pembelajaran Ulang Dirumah)
Untuk dapat menyerap pelajaran sulit ialah dengan mengulang pelajaran yang baru saja diajarkan dikelas. Saat mengulang pelajaran itu, kamu perlu memulainya pada bagian yang kamu sangat tidak mengerti. Dengan begitu, fokus belajarnya lebih tepat dan kamu bisa cepat mengerti bagian yang kamu rasa rumit.

Saat melakukan pengulangan pelajaran itu, ada baiknya kamu mengajak satu atau dua orang teman kamu untuk belajar bersama. Dengan melakukan hal itu, tentunya akan membuat kamu tidak jenuh saat belajar dan membantu kamu untuk lebih memahami bagian yang rumit.
Bila ingin lebih cepat memahami bagian yang rumit itu, ada baiknya kamu langsung mendatangi guru kimia kamu dan memintanya untuk menjelaskan ulang bagian yang tidak dimengerti. Tentunya, guru kamu akan memberikan waktunya sedikit untuk menjelaskan kembali bagian yang tidak kamu mengerti itu.

Buatlah catatan di bukumu hasil dari pengulangan pelajaran itu. Dengan begitu, catatan kamu akan lebih lengkap dari sebelumnya. Hal ini akan membantu kamu saat kamu membuka catatan kamu untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian.




























































Komentar